Al Quran Surah Ath Thaariq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Ath Thaariq

Al Quran Surah Ath Thaariq terdiri atas 17 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Balad. Dinamai Ath Thaariq (yang datang di malam hari) diambil dari perkataan Ath Thaariq yang terdapat pada ayat 1 surat ini. Pokok-pokok isinya menjelaskan bahwa tiap-tiap jiwa selalu dipelihara dan diawasi Allah; merenungkan asal kejadian diri sendiri yaitu dari air mani akan menghilangkan sifat sombong dan takabur; Allah kuasa menghidupkan manusia kembali pada hari kiamat, pada hari itu tidak ada kekuatan yang dapat menolong selain Allah; Al Quran adalah pemisah antara yang hak dan yang batil.

Al Quran Surah Ath Thaariq. Surat ini menerangkan, betapa besar kesukaran yang dihadapi oleh Nabi Suci pada waktu beliau memberi penerangan kepada dunia yang diliputi kegelapan, dan itulah sebabnya mengapa beliau disebut Ath-Thâriq atau yang datang pada waktu malam dalam ayat pertama, yang dijadikan nama Surat ini. Beliau datang pada waktu dunia dalam keadaan gelap gulita, dan beliau diibaratkan orang yang harus mengetuk pintu yang tertutup bagi beliau. Tetapi beliau diberi hiburan bahwa kebangkitan rohani akan terlaksana. Sebelum beliau datang, seluruh dunia tenggelam dalam lautan kebodohan, dan kegelapan itu terus berlangsung sampai enam ratus tahun lamanya; dan bukanlah tugas yang mudah untuk membangunkan dunia semacam itu dari tidurnya yang pulas. Bahwa Nabi Suci sudah tahu akan beratnya tugas beliau, ini dibuktikan oleh Surat ini, yang tergolong Surat yang diturunkan pada zaman permulaan. Disebutkannya rencana dalam ayat 15 dan 16, tidaklah menunjukkan bahwa bagian ayat ini diturunkan belakangan, karena memang benar bahwa rencana untuk membunuh Nabi Suci telah dibuat sejak zaman permulaan; tetapi selain itu dapat pula bahwa dua ayat ini bersifat ramalan.

Thâriq (berasal dari kata tharaqa, artinya mengetuk sesuatu), makna aslinya yang datang pada waktu malam, karena orang yang datang pada waktu malam, menemukan pintu sudah dikunci, sehingga diperlukan mengetuk pintu (N). Yang dimaksud orang yang datang pada waktu malam di sini ialah Nabi Suci; diturunkannya Al-Qur’an juga terjadi pada malam yang diberkahi (44:3; 97:1). Adapun alasannya ialah karena Nabi Suci muncul pada waktu gelap melanda seluruh muka bumi, dan tak ada orang lain selain beliau yang memerlukan mengetuk pintu yang tertutup bagi beliau yang diikat dengan palang yang kuat. Menarik perhatian sekali bahwa Nabi ‘Isa mengibaratkan kedatangannya seperti pencuri: “Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Matius 24:43-44). Dapat kiranya ditambahkan bahwa Thâriq juga digunakan sebagai nama Bintang Pagi (LL), karena bintang itu terbit pada waktu berakhirnya waktu malam. Tetapi kata Thâriq yang berarti Bintang Pagi, diterapkan terhadap orang besar atau kepala suku, sebagaimana diungkapkan oleh Hindun pada waktu perang Uhud: “Kami adalah anak perempuan Thâriq atau Bintang Pagi”; yang dimaksud ialah anak perempuan Kepala Suku, yang dia ini diibaratkan bintang, karena keluhurannya” (LL). Dalam ayat ketiga, Thâriq atau Yang datang pada waktu malam disebut bintang yang mempunyai sinar terang; ini menunjukkan bahwa Yang datang pada waktu malam adalah bintang yang gemerlapan sinarnya, sehingga segala kegelapan akan hilang oleh sinarnya.

Hubungan Al Quran Surah Ath Thaariq dengan Surah Al A’laa

Al Quran Surah Ath Thaariq menerangkan bahwa tiap-tiap diri tidak luput dari pengawasan Allah. Sebagaimana Allah menciptakan manusia, maka Allah dapat pula menghidupkan kembali bila ia telah mati; keterangan tentang Al Quran; bujukan kepada Nabi Muhammad s.a.w. terhadap tipu daya orang- orang kafir. Hubungan Al Quran Surah Ath Thaariq dengan Surah Al A’laa adalah Pada surat Ath Thaariq diterangkan tentang penciptaan manusia dan diisyaratkan pula penciptaan tumbuh-tumbuhan, sedang pada surat Al A'laa diterangkan bahwa Allah menciptakan alam dengan sempurna dan dengan ukuran-ukuran tertentu.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al A’laa yang berjudul Al Quran Surah Al A’laa Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al A’laa Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Ath Thaariq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Ath Thaariq

Al Quran Surah Ath Thaariq Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Ath Thaariq, lengkap dengan terjemahannya.




وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ
Wassamaa-i wath-thaariq(i)
"Demi langit dan yang datang pada malam hari," – (QS.86:1)


وَمَا أَدْرَاكَ مَا الطَّارِقُ
Wamaa adraaka maath-thaariq(u)
"tahukah kamu apa yang datang pada malam hari itu?." – (QS.86:2)


النَّجْمُ الثَّاقِبُ
Annajmuts-tsaaqib(u)
"(yaitu) bintang yang cahayanya menembus," – (QS.86:3)


إِنْ كُلُّ نَفْسٍ لَمَّا عَلَيْهَا حَافِظٌ
In kullu nafsin lammaa 'alaihaa haafizhun
"tidak ada suatu jiwapun (diri), melainkan ada (malaikat-malaikat) penjaganya." – (QS.86:4)


فَلْيَنْظُرِ الإنْسَانُ مِمَّ خُلِقَ
Falyanzhuri-insaanu mimma khuliq(a)
"Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan?." – (QS.86:5)


خُلِقَ مِنْ مَاءٍ دَافِقٍ
Khuliqa min maa-in daafiqin
"Dia diciptakan dari air yang terpancar (air mani)," – (QS.86:6)


يَخْرُجُ مِنْ بَيْنِ الصُّلْبِ وَالتَّرَائِبِ
Yakhruju min bainish-shulbi wattaraa-ib(i)
"yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki, dan tulang dada perempuan." – (QS.86:7)


إِنَّهُ عَلَى رَجْعِهِ لَقَادِرٌ
Innahu 'ala raj'ihi laqaadirun
"Sesungguhnya Allah benar-benar kuasa untuk mengembalikannya (hidup, sesudah mati)." – (QS.86:8)


يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ
Yauma tublassaraa-ir(u)
"Pada hari (kiamat) ditampakkan segala rahasia," – (QS.86:9)


فَمَا لَهُ مِنْ قُوَّةٍ وَلا نَاصِرٍ
Famaa lahu min quu-watin walaa naashirin
"maka sekali-kali tidak ada bagi manusia itu, suatu kekuatanpun dan tidak (pula) seorang penolong." – (QS.86:10)


وَالسَّمَاءِ ذَاتِ الرَّجْعِ
Wassamaa-i dzaatirraj'(i)
"Demi langit yang mengandung hujan," – (QS.86:11)


وَالأرْضِ ذَاتِ الصَّدْعِ
Wal ardhi dzaatish-shad'(i)
"dan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan," – (QS.86:12)


إِنَّهُ لَقَوْلٌ فَصْلٌ
Innahu laqaulun fashlun
"sesungguhnya Al-Qur'an itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang batil," – (QS.86:13)


وَمَا هُوَ بِالْهَزْلِ
Wamaa huwa bil hazl(i)
"dan sekali-kali bukanlah dia (Al-Qur'an) senda-gurau." – (QS.86:14)


إِنَّهُمْ يَكِيدُونَ كَيْدًا
Innahum yakiiduuna kaidan
"Sesungguhnya orang kafir itu merencanakan tipu-daya yang jahat, dengan sebenar-benarnya." – (QS.86:15)


وَأَكِيدُ كَيْدًا
Wa-akiidu kaidan
"Dan Akupun membuat rencana (pula), dengan sebenar-benarnya." – (QS.86:16)


فَمَهِّلِ الْكَافِرِينَ أَمْهِلْهُمْ رُوَيْدًا
Famahhilil kaafiriina amhilhum ruwaidan
"Karena itu (hai Muhammad,) beri tangguhlah (kepada) orang-orang kafir itu, yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar." – (QS.86:17)


Video Al Quran Surah Ath Thaariq

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Ath Thaariq Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Ath Thaariq oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.



Selain video Al Quran Surah Ath Thaariq, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Ath Thaariq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Ath Thaariq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »