Al Quran Surah Al Zalzalah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Zalzalah

Al Quran Surah Al Zalzalah terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah diturunkan sesudah surat An Nisaa'. Nama Al Zalzalah diambil dari kata: Zilzaal yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang berarti goncangan. Pokok-pokok isinya menjelaskan tentang kegoncangan bumi yang amat hebat pada hari kiamat dan kebingungan manusia ketika itu; manusia pada hari kiamat itu dikumpulkan untuk dihisab segala amal perbuatan mereka.

Al Quran Surah Al Zalzalah. Surat ini berjudul Al-Zilzâl atau Gempa. Kata zilzâl tercantum dalam ayat pertama, dan mengisyaratkan akan guncangan keras yang dimaksud untuk membawa perubahan di Tanah Arab, dan kemudian di seluruh dunia. Ini menunjukkan adanya hubungan antara Surat ini dan Surat sebelumnya, yang membicarakan perubahan yang dilaksanakan di dunia oleh Nabi Suci. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman permulaan.

Ayat pertama menerangkan gempa bumi yang menggelegar. Apakah arti kata zalzalah, lihatlah tafsir nomor 1668. Bahwa guncangan semacam itu akan terjadi pada Hari Kebangkitan, ini tak dapat dipungkiri. Bahwa guncangan itu terjadi pada zaman Nabi Suci adalah suatu kenyataan. Inilah guncangan yang membawa perubahan yang mengagumkan di Tanah Arab, dan kemudian di seluruh dunia, yang ini disebutkan dalam Surat sebelumnya. Ayat kedua menerangkan tentang bumi yang mengeluarkan beban kandungannya. Ini dapat diartikan bumi yang mengeluarkan orang-orang yang mati, dan dapat pula diartikan bumi yang mengeluarkan harta kekayaannya yang terpendam (RM). Bagaimana bumi mengeluarkan harta kekayaannya yang terpendam berupa barang-barang hasil tambang, ini adalah ilmu pengetahuan tentang hari depan yang mengagumkan, yang dibuka rahasianya oleh Qur’an. Bahwa ini merupakan pendahuluan dari perubahan yang besar, adalah salah satu tema dari Wahyu yang diturunkan pada zaman permulaan. Sebenarnya perubahan yang terjadi pada zaman Nabi Suci adalah tahap permulaan dari perubahan besar yang harus terlaksana kelak di seluruh dunia, yang disebut Al-Âkhirah dalam 93:4; lihatlah tafsir nomor 2754. Pergolakan besar yang terjadi di dunia sekarang ini, dan harta yang tak terhitung banyaknya yang dikeluarkan pada dewasa ini, ini sebenarnya ramalan tentang apa yang pasti akan terjadi, yaitu Kebangkitan rohani yang akan terjadi di dunia. Ayat 3-5 menyatakan bahwa kejadian yang disebutkan dalam ayat 1 dan 2, manusia akan takjub dan berteriak, “Apakah yang terjadi di bumi?”. Ini menunjukkan bahwa kejadian yang luar biasa akan disaksikan oleh manusia di dunia ini. “Bumi akan memberitahukan pekabarannya”, artinya rahasia-rahasia besar yang sampai sekarang tak diketahui, akan dibuka. Hal ini ditekankan lebih lanjut dalam ayat 5 yang berbunyi “seakan-akan Tuhan dikau mewahyukan kepadanya”. Dengan perkataan lain, sebagaimana Wahyu itu membuka rahasia barang-barang yang tak diketahui oleh manusia, demikian pula rahasia-rahasia besar yang sampai sekarang ini tak diketahui, ini pun akan dibuka. Boleh jadi di sini ada isyarat yang lebih dalam lagi, yakni setelah terjadi kejadian yang luar biasa itu, akan disusul oleh Kebangkitan rohani umum seakan-akan Allah mewahyukan kepada bumi itu sendiri.

Hubungan Al Quran Surah Al Zalzalah dengan Surah Al Aadiyat

Surat Al Zalzalah menerangkan tanda-tanda permulaan hari kiamat dan pada hari itu manusia akan melihat sendiri hasil perbuatan mereka, baik ataupun buruk, meskipun sebesar dzarrah. Hubungan Al Quran Surah Al Zalzalah dengan Surah Surah Al Aadiyat adalah dalam Surat Al Zalzalah menerangkan balasan atas perbuatan yang baik dan yang buruk, sedang pada surat Al 'Aadiyat Allah s.w.t. mencela orang-orang yang telah mencintai kehidupan dunia dan mengabaikan kehidupan akhirat dan tidak mempersiapkan diri mereka untuk kehidupan akhirat itu dengan amal kebajikan.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Aadiyat, yang berjudul Al Quran Surah Al Aadiyat Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Aadiyat Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Zalzalah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Al Zalzalah

Al Quran Surah Al Zalzalah Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Zalzalah, lengkap dengan terjemahannya.



إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا
Idzaa zulzilatil ardhu zilzaalahaa
"Apabila bumi digoncangkan, dengan goncangannya (yang dahsyat)," – (QS.99:1)


وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا
Wa-akhrajatil ardhu atsqaalahaa
"dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya," – (QS.99:2)


وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا
Waqaala-insaanu maa lahaa
"dan manusia bertanya: 'Mengapa bumi (jadi begini)?'," – (QS.99:3)


يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
Yauma-idzin tuhadditsu akhbaarahaa
"pada hari itu bumi menceritakan beritanya," – (QS.99:4)


بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا
Bianna rabbaka auha lahaa
"karena sesungguhnya, Rabb-mu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya." – (QS.99:5)


يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
Yauma-idzin yashdurunnaasu asytaatan liyurau a'maalahum
"Pada hari (kiamat) itu manusia keluar dari kuburnya, dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka." – (QS.99:6)


فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
Faman ya'mal mitsqaala dzarratin khairai(n) yarah(u)
"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah-pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." – (QS.99:7)


وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
Waman ya'mal mitsqaala dzarratin syarrai(n) yarah(u)
"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah-pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." – (QS.99:8)



Video Al Quran Surah Al Zalzalah

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Zalzalah Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Zalzalah oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.



Selain video Al Quran Surah Al Zalzalah, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Zalzalah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Zalzalah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »