Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Insyirah

Al Quran Surah Al Insyirah terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah dan diturunkan sesudah surat Adh Dhuhaa. Nama Alam Nasyrah diambil dari kata Alam Nasyrah yang terdapat pada ayat pertama, yang berarti: bukankah Kami telah melapangkan. Pokok-pokok isinya adalah Penegasan tentang nikmat-nikmat Allah s.w.t. yang diberikan kepada Nabi Muhammad s.a.w., dan pernyataan Allah bahwa disamping kesukaran ada kemudahan karena itu diperintahkan kepada Nabi agar tetap melakukan amal-amal saleh dan bertawakkal kepada-Nya.

Al Quran Surah Al Insyirah. Surat ini, seperti juga Surat-Surat sebelumnya, memberi hiburan kepada Nabi Suci. Kesukaran-kesukaran tak akan terus menerus beliau alami, melainkan akan segera disusul dengan kemudahan; tentang ini terdapat cukup tanda-tanda bahwa dada Nabi Suci terbuka atau menjadi lapang untuk Kebenaran, yang ini lalu dijadikan nama Surat ini. Beban yang berat yang hampir-hampir mematahkan punggung beliau, yaitu keprihatinan beliau yang dalam terhadap umat manusia, telah lenyap dengan diturunkannya Wahyu Ilahi kepada beliau. Surat ini berhubungan erat dengan Surat sebelumnya, seakan-akan Surat ini merupakan pelengkap semata-mata. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Kelapangan dada disebutkan pula dalam doa Nabi Musa: “Tuhanku, lapangkanlah dadaku” (20:25). Kalimat serupa itu tercantum pula dalam 6:126, “Barangsiapa Allah menghendaki untuk memberi Petunjuk, Ia melapangkan dia kepada Islam”. Sebagai kebalikan ayat ini menambahkan: “Dan barangsiapa Ia menghendaki untuk membiarkan dia dalam kesesatan, Ia membuat dadanya sesak dan sempit”. Ada satu Hadits yang meriwayatkan bahwa Malaikat Jibril membelah dada Nabi Suci tatkala beliau masih anak-anak dan masih dirawat oleh pengasuhnya, dan Malaikat itu mencuci hati beliau. Berdasarkan penelitian, sahihnya Hadits ini masih dipersoalkan (Rz). Tetapi menurut kami, penelitian itu disebabkan karena salah paham, karena diriwayatkan dalam satu Hadits, bahwa peristiwa serupa itu terjadi lagi pada waktu Nabi Suci telah diserahi tugas sebagai Rasul Tuhan. Ternyata bahwa peristiwa itu adalah satu kasyf atau impian yang terang (ru’yah). AH menerangkan: “Melapangkan dada artinya menerangi dada dengan hikmah, dan lapangnya dada untuk menerima apa yang diwahyukan kepadanya”. Penjelasan serupa itu diberikan pula oleh Imam Raghib, yakni, “melapangkan dada dengan Nur Ilahi dan ketenteraman hati”. Dengan satu perkataan, kelapangan dada berarti kebesaran hati Nabi Suci.

Hubungan Al Quran Surah Al Insyirah dengan Surah At Tiin

Al Quran Surah Al Insyirah ini merupakan tasliyah (penghibur hati) bagi Nabi Muhammad s.a.w. Hubungan Al Quran Surah Al Insyirah dengan Surah At Tiin adalah dalam surah Al Insyirah, Allah s.w.t. menjelaskan perintah kepada Nabi Muhammad s.a.w selaku manusia sempurna. Maka dalam surat At Tiin, diterangkan bahwa manusia itu adalah makhluk Allah yang mempunyai kesanggupan baik lahir maupun batin. Kesanggupannya itu menjadi kenyataan bilamana mereka mengikuti jejak Nabi Muhammad s.a.w.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah At Tiin, yang berjudul Al Quran Surah At Tiin Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah At Tiin Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Al Insyirah

Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Insyirah, lengkap dengan terjemahannya.



أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ
Alam nasyrah laka shadrak(a)
"Bukankah Kami telah melapangkan untukmu (Muhammad) dadamu," – (QS.94:1)


وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ
Wawadha'naa 'anka wizrak(a)
"dan (bukankah) Kami telah menghilangkan darimu bebanmu," – (QS.94:2)


الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ
Al-ladzii anqadha zhahrak(a)
"yang memberatkan punggungmu." – (QS.94:3)


وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ
Warafa'naa laka dzikrak(a)
"Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu." – (QS.94:4)


فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Fa-inna ma'al 'usri yusran
"Karena sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan," – (QS.94:5)


إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Inna ma'al 'usri yusran
"Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan." – (QS.94:6)


فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ
Fa-idzaa faraghta faanshab
"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain," – (QS.94:7)


وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ
Wa-ila rabbika faarghab
"dan hanya kepada Rabb-mulah hendaknya kamu berharap." – (QS.94:8)



Video Al Quran Surah Al Insyirah

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Insyirah oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.



Selain video Al Quran Surah Al Insyirah, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »