Al Quran Surah Al Aadiyat Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Aadiyat

Al Quran Surah Al Aadiyat terdiri atas 11 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al'Ashr. Nama Al 'Aadiyaat diambil dari kata Al 'Aadiyaat yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya yang berlari kencang. Pokok-pokok isinya menjelaskan tentang ancaman Alllah s.w.t. kepada manusia yang ingkar dan yang sangat mencintai harta benda bahwa mereka akan mendapat balasan yang setimpal di kala mereka dibangkitkan dari kubur dan di kala isi dada mereka ditampakkan.

Al Quran Surah Al Aadiyat. Nama Surat ini diambil dari ramalan tentang Orang yang menyerbu yang disebutkan dalam ayat pertama, untuk menunjukkan bahwa sebagian bencana besar yang disebutkan dalam Surat sebelumnva, ini akan terlaksana dengan jalan perang. Kebenaran ini bukan saja terjadi pada zaman Nabi Suci, melainkan memancar lebih terang lagi pada zaman kita sekarang, dan tak sangsi lagi bahwa perang pada zaman sekarang, yang belum pernah terjadi sebelumnya, adalah pendahuluan dari Kebangkitan rohani besar, seperti telah terbukti kebenarannya di Tanah Arab, tiga belas abad yang lampau. Adapun tanggal diturunkannya Surat ini, dapat digolongkan dengan Surat sebelumnya.

Kata ‘âdiyat (berasal dari kata ‘adw maknanya lari) artinya yang lari atau yang menyerbu; dan kata dlabhan artinya terengah-engah karena lari cepat (R). Kata mûriyât (berasal dari kata wara, maknanya mencetuskan api) artinya yaitu mencetuskan api, adapun kata qadhan mempunyai berbagai makna antara lain membuat letusan, membuat lobang, membuat karatan atau mencetuskan api (LL). Kata mûghirât berasal dari kata aghara artinya bergegas, atau berlari kencang atau menyerang dengan tiba-tiba (LL). Ada bermacam-macam pendapat tentang apa yang dimaksud ayat-ayat ini. Menurut I’Ab ayat-ayat ini menggambarkan keadaan unta yang berlari pada waktu ibadah Haji, tetapi kebanyakan mufassir menerangkan bahwa ayat-ayat ini mengisyaratkan keadaan kuda yang dipakai pada waktu perang (RM). Dalam hal ini, ayat-ayat ini bersifat ramalan tentang perang, dimana para musuh berniat hendak membinasakan Kebenaran dengan senjata, tetapi akhirnya mereka sendiri yang menderita kekalahan. Tetapi kata-kata ayat ini adalah begitu luas hingga dapat saja diterangkan terhadap alat-alat perang moderen. Jika kekuatan serangan terhadap musuh bergantung kepada kecepatan serangan yang harus dilakukan, yang pada zaman dahulu dilakukan dengan kekuatan pukulan kuda (kavaleri), maka kata-kata ayat ini tepat sekali melukiskan serangan udara pada zaman sekarang. Serangan udara ini pun bersuara keras, dan mencetuskan api yang menimbulkan lubang, dan celah, dan belahan di tanah. Serangan udara dilakukan pada waktu pagi buta, menerbangkan debu dari bangunan-bangunan yang hancur, dan menembus kota-kota yang paling padat penduduknya. Tetapi mufassir lain memahami ayat-ayat ini dalam arti segolongan musafir rohani yang berlari cepat di jalan Allah. Tidak terima kasihnya manusia kepada Tuhannya, dan kecintaan manusia yang luar biasa kepada harta, merupakan tema dalam semua perkara. Manusia hanya melihat segi kehidupan material saja, dan tak menghiraukan kepada nilai-nilai kehidupan rohani. Jadi keseimbangan hidupnya kacau balau. Maka datanglah bencana dan manusia diguncangkan begitu hebat hingga matanya terbuka untuk melihat nilai kehidupan yang sejati.

Hubungan Al Quran Surah Al Aadiyat dengan Surah Al Qari’ah

Surat Al Aadiyaat menjelaskan sifat-sifat buruk manusia dan kebangkitan mereka serta pembalasan kepada mereka pada hari kiamat. Hubungan Al Quran Surah Al Qari’ah dengan Surah Surah Al Aadiyat adalah Surat Al Aadiyaat ditutup dengan penyebutan hari kiamat, sedangkan Surat Al Qaari'ah seluruhnya menjelaskan tentang hari kiamat itu.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Qari’ah, yang berjudul Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Aadiyat

Al Quran Surah Al Aadiyat


Al Quran Surah Al Aadiyat Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Aadiyat, lengkap dengan terjemahannya.



وَالْعَادِيَاتِ ضَبْحًا
Wal 'aadiyaati dhabhan
"Demi kuda perang yang berlari kencang, dengan terengah-engah," – (QS.100:1)


فَالْمُورِيَاتِ قَدْحًا
Fal muuriyaati qadhan
"dan kuda yang mencetuskan api, dengan pukulan (kuku kakinya)," – (QS.100:2)


فَالْمُغِيرَاتِ صُبْحًا
Fal mughiiraati shubhan
"dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi," – (QS.100:3)


فَأَثَرْنَ بِهِ نَقْعًا
Fa-atsarna bihi naq'an
"maka ia menerbangkan debu," – (QS.100:4)


فَوَسَطْنَ بِهِ جَمْعًا
Fawasathna bihi jam'an
"dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh," – (QS.100:5)


إِنَّ الإنْسَانَ لِرَبِّهِ لَكَنُودٌ
Inna-insaana lirabbihi lakanuudun
"Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Rabb-nya," – (QS.100:6)


وَإِنَّهُ عَلَى ذَلِكَ لَشَهِيدٌ
Wa-innahu 'ala dzalika lasyahiidun
"dan sesungguhnya, manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkaran-nya," – (QS.100:7)


وَإِنَّهُ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيدٌ
Wa-innahu lihubbil khairi lasyadiidun
"dan sesungguhnya, dia sangat bakhil, karena cintanya kepada harta." – (QS.100:8)


أَفَلا يَعْلَمُ إِذَا بُعْثِرَ مَا فِي الْقُبُورِ
Afalaa ya'lamu idzaa bu' tsira maa fiil qubuur(i)
"Maka apabila dia tidak mengetahui, apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur," – (QS.100:9)


وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ
Wahush-shila maa fiish-shuduur(i)
"dan dilahirkan, apa yang ada di dalam dada," – (QS.100:10)


إِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ يَوْمَئِذٍ لَخَبِيرٌ
Inna rabbahum bihim yauma-idzin lakhabiirun
"Sesungguhnya Rabb-mereka pada hari itu, Maha mengetahui keadaan mereka." – (QS.100:11)


Video Al Quran Surah Al Aadiyat

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Aadiyat Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Aadiyat oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah Al Aadiyat, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Aadiyat Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »