Al Quran Surah Al Qadr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Qadr

Al Quran Surah Al Qadr terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat 'Abasa. Surat ini dinamai Al Qadr (kemuliaan), diambil dari perkataan Al Qadr yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Pokok-pokok isinya menjelaskan tentang Al Quran dimulai diturunkan pada malam Lailatul Qadr, yang nilainya lebih dari seribu bulan; para malaikat dan Jibril turun ke dunia pada malam Lailatul Qadr untuk mengatur segala urusan.

Al Quran Surah Al Qadr . Lima ayat Qur’an yang diturunkan pertama kali, yang termuat dalam Surat sebelum ini, cocok sekali jika urutannya diikuti oleh Surat yang menerangkan waktu Wahyu Qur’an mulai diturunkan. Malam nan Agung (salah satu dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadlan), itulah yang pertama kali menyaksikan memancarnya sinar Wahyu Qur’an yang dipastikan untuk menerangi seluruh dunia. Dan turunnya Wahyu yang pertama pada Malam nan Agung atau Lailatul-Qadr, yang ini dijadikan nama Surat ini, mengandung maksud bahwa Wahyu yang paling mulia di antara semua Wahyu, kini diturunkan di dunia, dan bahwa keagungan Wahyu ini dan keagungan orang yang menerima Wahyu itu, pasti akan ditegakkan di dunia. Tak sangsi lagi bahwa Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Lailatul-Qadr makna aslinya Malam nan Agung atau Malam nan Megah atau Malam nan Besar, yaitu sepuluh malam terakhir yang sudah terkenal pada bulan Ramadlan, atau sangat boleh jadi pada tanggal 25, 27 dan 29 dari bulan itu. Dalam 44:3, Malam nan Agung itu disebut Malam yang diberkahi. Menilik ayat 2:185, terang sekali bahwa Qur’an diturunkan pada bulan Ramadlan, dan menilik ayat tersebut, terang sekali bahwa Qur’an diturunkan pada Lailatul-Qadr; sudah tentu yang dimaksud diturunkan di sini ialah Wahyu permulaan, karena seluruh Qur’an itu diturunkan sepotong-sepotong selama dua puluh tiga tahun. Adapun kata Qur’an itu dapat diterapkan terhadap seluruh Qur’an, dan dapat pula diterapkan untuk sebagian Qur’an. Bahwa yang dituju di sini ialah Wahyu permulaan, ini diketahui dengan terang dari susunan Surat, di mana lima ayat pertama dari Surat sebelum ini, ini diakui oleh semua pihak bahwa ini adalah Wahyu permulaan yang diturunkan kepada Nabi Suci. Sebenarnya, pentingnya Lailatul-Qadr ialah adanya kenyataan bahwa pada malam itu, Wahyu yang paling diberkahi dan paling sempurna diturunkan di dunia. Nabi Musa berpuasa empat puluh hari lamanya sebelum Wahyu diturunkan kepada beliau (Kitab Kejadian 24:18) dan Nabi ‘Isa berpuasa selama empat puluh hari sebelum beliau menerima pengangkatan sebagai Nabi (Matius 4:2), ini menunjukkan bahwa Wahyu Tuhan itu dalam sejarah suci dihubungkan dengan puasa. Oleh karena itu, kaum Muslimin tiap-tiap tahun diwajibkan menjalankan puasa selama tiga puluh hari, dan karunia Tuhan yang istimewa dijanjikan kepada kaum Muslimin pada hari-hari terakhir puasa mereka.

Hubungan Al Quran Surah Al Qadr dengan Surah Al Bayyinah

Surat Al Qadr menerangkan bahwa permulaan Al Quran diturunkan ialah pada malam lailatul Qadr dan diterangkan juga ketinggian malam lailatul Qadr itu. Hubungan Al Quran Surah Al Qadr dengan Surah Al Bayyinah adalah Surat Al Qadr menerangkan tentang permulaan Al Quran diturunkan, sedang surat Al Bayyinah menerangkan salah satu sebab Allah menurunkan Al Quran.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Bayyinah, yang berjudul Al Quran Surah Al Bayyinah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Bayyinah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Qadr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Al Qadr

Al Quran Surah Al Qadr Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Qadr, lengkap dengan terjemahannya.



إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Innaa anzalnaahu fii lailatil qadr(i)
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an), pada malam kemuliaan." – (QS.97:1)


وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ
Wamaa adraaka maa lailatul qadr(i)
"Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?." – (QS.97:2)


لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
Lailatul qadri khairum(n) min alfi syahr(in)
"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." – (QS.97:3)


تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ
Tanazzalul malaa-ikatu warruuhu fiihaa biidzni rabbihim min kulli amr(in)
"Pada malam (malam kemuliaan) itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril, dengan ijin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan (untuk menyampaikan segala hikmah dan hakekat kepada Muhammad)." – (QS.97:4)


سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
Salaamun hiya hatta mathla'il fajr(i)
"Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." – (QS.97:5)


Video Al Quran Surah Al Qadr

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Qadr Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Qadr oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.



Selain video Al Quran Surah Al Qadr, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Qadr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Qadr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »