Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Qari’ah

Al Quran Surah Al Qari’ah terdiri atas 11 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Quraisy. Nama Al Qaari'ah diambil dari kata Al Qaari'ah yang terdapat pada ayat pertama, artinya mengetok dengan keras, kemudian kata ini dipakai untuk nama hari kiamat. Pokok-pokok isinya menjelaskan bahwa kejadian-kejadian pada hari kiamat, yaitu manusia bertebaran, gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang dan dibalasi.

Al Quran Surah Al Qari’ah. Malapetaka yang mengerikan yang diuraikan dalam Surat ini, dan yang dijadikan nama Surat ini, adalah sama dengan Zilzal atau Gempa yang diuraikan dalam Surat sebelum ini. Adapun tanggal diturunkannya Surat ini juga hampir sama dengan Surat sebelumnya.

Al Qâri’ah (berasal dari kata qar, maknanya memukul dengan keras) artinya malapetaka yang amat besar; kata al-qâri’ah yang tanpa huruf al dicantumkan dalam 13:31, yang berbunyi: “Adapun orang-orang kafir, bencana besar (qâri’ah) tak henti-hentinya menimpa mereka karena perbuatan mereka, atau ini turun di dekat rumah mereka, sampai janji Allah tiba”. Digunakannya kata Allah tiba”. Digunakannya kata tiba”. Digunakannya kata qâri’ah menunjukkan bahwa perkataan itu berarti bencana besar yang kadang-kadang menimpa kaum Quraisy; adapun penambahan kata al menunjukkan bahwa ini berarti bencana besar yang dijanjikan pada Hari Kiamat. Dalam 69:4, kata al-qâri’ah berarti bencana besar yang membinasakan suatu umat, yaitu hukuman yang dijatuhkan kepada mereka. Al-Qâri’ah juga menjadi namanya Hari Kiamat, yaitu Malapetaka besar yang menghancurkan bumi ini, yang setelah itu datanglah Hari Kiamat.

Hubungan Al Quran Surah Al Qari’ah dengan Surah At Takaatsur

Surat Al Qaari'ah, seluruhnya menjelaskan hal-hal yang akan terjadi di hari kiamat. Hubungan Al Quran Surah Al Qari’ah dengan Surah Surah At Takaatsur adalah dalam surat Al Qaari'ah dijelaskan golongan orang-orang yang masuk surga dan golongan yang masuk neraka, sedang pada surat At Takaatsur diterangkan salah satu sebab yang membawa orang masuk neraka.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah At Takaatsur, yang berjudul Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Qari'ah

Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Qari’ah, lengkap dengan terjemahannya.


الْقَارِعَةُ
Al-qaari'at(u)
"Hari Kiamat," – (QS.101:1)

مَا الْقَارِعَةُ
Maal qaari'at(u)
"Apakah hari Kiamat itu." – (QS.101:2)

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ
Wamaa adraaka maal qaari'at(u)
"Tahukah kamu, apakah hari Kiamat itu." – (QS.101:3)

يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ
Yauma yakuunun-naasu kal faraasyil mabtsuuts(i)
"Pada hari itu, manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran," – (QS.101:4)

وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ
Watakuunul jibaalu kal 'ihnil manfuusy(i)
"dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan." – (QS.101:5)

فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ
Fa-ammaa man tsaqulat mawaaziinuh(u)
"Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya," – (QS.101:6)

فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ
Fahuwa fii 'iisyatir(n) raadhiyat(in)
"maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan." – (QS.101:7)

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ
Wa-ammaa man khaffat mawaaziinuh(u)
"dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya," – (QS.101:8)

فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ
Fa-ummuhu haawiyat(un)
"maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah." – (QS.101:9)

وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ
Wamaa adraaka maa hiyah
"Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu," – (QS.101:10)

نَارٌ حَامِيَةٌ
Naarun haamiyat(un)
"(yaitu) api yang sangat panas." – (QS.101:11)


Video Al Quran Surah Al Qari’ah

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Qari’ah oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah Al Qari’ah, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Qari’ah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »