Al Quran Surah Adh Dhuhaa Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Adh Dhuhaa

Al Quran Surah Adh Dhuhaa Surat ini terdiri atas 11 ayat, termasuk golongan surat Makiyyah dan diturunkan sesudah surat Al Fajr. Nama Adh Dhuhaa diambil dari kata yang terdapat pada ayat pertama, artinya : waktu matahari sepenggalahan naik. Pokok-pokok Isinya menjelaskan tentang Allah s.w.t. sekali-kali tidak akan meninggalkan Nabi Muhammad s.a.w Isyarat dari Allah s.w.t. bahwa kehidupan Nabi Muhammad s.a.w. dan da'wahnya akan bertambah baik dan berkembang; larangan menghina anak yatim dan menghardik orang-orang yang minta-minta dan perintah menyebut-nyebut nikmat yang diberikan Allah sebagai tanda bersyukur.

Al Quran Surah Adh Dhuhaa. Surat ini menaruh perhatian terhadap tersiarnya cahaya matahari Islam secara berangsur-angsur; oleh karena itu, Surat ini dinamakan Adl-Dluhâ atau Terangnya waktu siang. Dua Surat sebelumnya mengibaratkan datangnya Nabi Suci sebagai terbitnya matahari, dan ibarat itu dilanjutkan lagi di sini. Sebagaimana sinar matahari tidak seketika bersinar cemerlang setelah terbitnya, demikian pula Kebenaran juga akan bersinar dengan cemerlang secara berangsur-angsur. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Para mufassir meriwayatkan berbagai Hadits yang intinya menerangkan bahwa ayat ini diturunkan pada waktu Nabi Suci agak lama tak menerima Wahyu. Menurut Bukhari, penghentian Wahyu itu sekitar dua atau tiga hari (B. 65: XCIII, 2). Bahwa Wahyu diturunkan kepada Nabi Suci dengan berselang adalah suatu kenyataan, dan penghentian sekitar dua atau tiga hari tak dapat menimbulkan tuduhan bahwa Kata-kata ayat ini dapat diartikan meninggalkan Nabi Suci. Kata-kata ayat ini dapat diartikan umum sebagai kata-kata hiburan, adapun artinya ialah bahwa Allah tak akan meninggalkan beliau. Tetapi jika ditinjau dari ayat-ayat berikutnya, maka kata-kata ayat ini bersifat ramalan, bahwa pada zaman akhir, Islam akan menderita kemunduran yang akan menimbulkan keraguan semacam itu. Oleh karena itu, Nabi Suci dan para pengikut beliau diberi jaminan bahwa Allah tak akan meninggalkan perkara Islam. Penafsiran ini terpaksa kami ambil mengingat kenyataan, bahwa di sini bukanlah malam yang disusul oleh terangnya siang, yang ini mengibaratkan datangnya Nabi Suci, melainkan terangnya siang yang disusul oleh sunyi-senyapnya malam, yang ini agaknya mengisyaratkan lumpuhnya umat Islam setelah matahari bersinar, yaitu setelah Nabi Suci meninggal. Ayat berikutrya membuat ini lebih terang lagi.

Hubungan Al Quran Surah Adh Dhuhaa dengan Surah Al Insyirah

Al Quran Surah Adh Dhuhaa menerangkan tentang bimbingan pemeliharaan Allah s.w.t. terhadap Nabi Muhammad s.a.w. dengan cara yang tak putus-putusnya dan mengandung pula perintah kepada Nabi supaya mensyukuri segala nikmat itu. Hubungan Al Quran Surah Adh Dhuhaa dengan Surah Al Insyirah adalah Kedua surat ini amat erat hubungannya karena sama-sama ditujukan kepada Nabi Muhammad s.a.w. Selain itu, Kedua surat ini sama-sama menerangkan nikmat Allah dan memerintahkan kepada Nabi untuk mensyukuri nikmat itu.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Insyirah, yang berjudul Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Insyirah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Adh Dhuhaa Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Adh Dhuha

Al Quran Surah Adh Dhuhaa Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Adh Dhuhaa, lengkap dengan terjemahannya.


وَالضُّحَى
Wadh-dhuha
"Demi waktu matahari sepenggalan naik," – (QS.93:1)


وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى
Wallaili idzaa saja
"dan demi malam, apabila telah sunyi," – (QS.93:2)


مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَى
Maa wadda'aka rabbuka wamaa qala
"Rabb-mu tiada meninggikan kamu (Muhammad), dan tiada (pula) benci kepadamu," – (QS.93:3)


وَلَلآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الأولَى
Walal-aakhiratu khairun laka minal aula
"dan sesungguhnya, akhir itu lebih baik bagimu dari(pada) permulaan." –
(QS.93:4)


وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَى
Walasaufa yu'thiika rabbuka fatardha
"Dan kelak pasti Rabb-mu memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas." – (QS.93:5)


أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَى
Alam yajidka yatiiman fa-aawa
"Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu."
– (QS.93:6)


وَوَجَدَكَ ضَالا فَهَدَى
Wawajadaka dhaaalan fahada
"Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk." – (QS.93:7)


وَوَجَدَكَ عَائِلا فَأَغْنَى
Wawajadaka 'aa-ilaa fa-aghna
"Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan." – (QS.93:8)


فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلا تَقْهَرْ
Fa-ammaal yatiima falaa taqhar
"Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang." – (QS.93:9)


وَأَمَّا السَّائِلَ فَلا تَنْهَرْ
Wa-ammaassaa-ila falaa tanhar
"Dan terhadap orang yang minta-minta, maka janganlah kamu menghardiknya." – (QS.93:10)


وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ
Wa-ammaa bini'mati rabbika fahaddits
"Dan terhadap nikmat Rabb-mu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)." – (QS.93:11)



Video Al Quran Surah Adh Dhuhaa

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Adh Dhuhaa Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Adh Dhuhaa oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.



Selain video Al Quran Surah Adh Dhuhaa, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Adh Dhuhaa Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Adh Dhuhaa Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »