Al Quran Surah Al Lahab Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video

Al Quran Surah Al Lahab

Al Quran Surah Al Lahab ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Fath. Nama Al Lahab diambil dari kata Al Lahab yang terdapat pada ayat ketiga surat ini yang artinya gejolak api. Surat ini juga dinamakan surat Al Masad. Pokok-pokok isi Al Quran Surah Al Lahab adalah Cerita Abu Lahab dan isterinya yang menentang Rasul s.a.w. Keduanya akan celaka dan masuk neraka. Harta Abu Lahab, tak berguna untuk keselamatannya demikian pula segala usaha-usahanya.

Al Quran Surah Al Lahab menerangkan bahwa para musuh Kebenaran yang bertabiat panas akan hidup dengan perasaan hati terbakar, sehingga perasaan itu kelak menjelma menjadi nyala api di Akhirat (ayat 3). Surat ini berjudul Al-Lahab untuk mengisyaratkan hal ini, atau mengisyaratkan paman Nabi Suci, Abdul-‘Uzza, yang dengan mati-matian melawan beliau; kata Abu Lahab yang tercantum dalam ayat pertama adalah kunyah (nama julukan) dari Abdul-‘Uzza tersebut. Jadi Surat ini membahas kesudahan orang yang melawan Kebenaran, berupa hati yang terbakar di dunia ini, dan api yang menyala di Akhirat. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Al Quran Surah Al Lahab menjelaskan kegagalan lawan-lawan Muhammad s.a.w.

Hubungan Al Quran Surah Al Lahab dengan Surah Al Ikhlas

Al Quran Surah Al Lahab mengisyaratkan bahwa kemusyrikan itu tidak dapat dipertahankan dan tidak akan menang walaupun pendukung-pendukungnya bekerja keras. Al Quran Surah Al Ikhlash mengemukakan bahwa tauhid dalam Islam adalah tauhid yang semurni-murninya. Untuk lebih jelasnya mengenai Al Quran Surah Al Ikhlas, silahkan lihat juga artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Ikhlas, yang berjudul Al Quran Surah Al Ikhlas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Ikhlas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Surah Al Lahab Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video
Al Quran Surah Al Lahab

Al Quran Surah Al Lahab Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya 

Berikut ini kami sajikan Al Quran Surah Al Lahab lengkap dengan teks arabic dan bacaan serta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ
Tabbat yadaa abii lahabiu-watabb(a)
"Binasalah kedua tangan Abu Lahab, dan sesungguhnya, dia akan binasa."
(QS.111:1)


مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ
Maa aghna 'anhu maaluhu wamaa kasab(a)
"Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya, dan apa yang ia usahakan."
(QS.111:2)


سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ
Sayashla naaran dzaata lahabiu(n)
"Kelak dia akan masuk, ke dalam api yang bergejolak."
(QS.111:3)


وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ
Waamra-atuhu hammaalatal hathab(i)
"Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar."
(QS.111:4)


فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
Fii jiidihaa hablum(n) mim(n) masad(in)
"Yang di lehernya ada tali dari sabut."
(QS.111:5)

Video Al Quran Surah Al Lahab

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Lahab Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran surah Al Lahab oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah Al Lahab anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Lahab Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. 

Artikel yang berjudul Surah Al Lahab Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Qur’an Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
    Previous
    Next Post »