Al Quran Surah Al Ashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Ashr

Al Quran Surah Al Ashr terdiri atas 3 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Alam Nasyrah. Dinamai Al 'Ashr (masa) diambil dari perkataan Al 'Ashr yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Pokok-pokok isi Al Quran Surah Al Ashr adalah Semua manusia berada dalam keadaan merugi apabila dia tidak mengisi waktunya dengan perbuatan-perbuatan baik.

Al Quran Surah Al Ashr menaruh perhatian akan kesaksian Waktu, dalam menunjukkan bahwa hanya orang yang mau menerima Kebenaran sajalah yang akan sejahtera; oleh karena itu, Surat ini dinamakan Al-‘Ashr atau Waktu. Sebagai kebalikan dari orang yang disebutkan dalam Surat sebelumnya, yaitu orang yang menyimpang dari tujuan hidup yang sebenarnya dengan jalan menumpuk-numpuk harta sebagai tujuan hidupnya, dalam Surat ini kita diberitahu bahwa hanya orang yang mau menerima Kebenaran dan suka memberi nasihat kepada orang lain ke arah itu sajalah yang akan sejahtera. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Al Quran Surah Al Ashr menerangkan bahwa manusia yang tidak dapat menggunakan masanya dengan sebaik-baiknya termasuk golongan yang merugi.

Hubungan Al Quran Surah Al Ashr dengan Surah Al Humazah

Hubungan Al Quran Surah Al Ashr Dengan Surah Al Humazah adalah Pada surat Al 'Ashr Allah menerangkan sifat-sifat orang yang tidak merugi, sedang dalam surat Al Humazah Allah menerangkan beberapa sifat orang yang selalu merugi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Humazah, yang berjudul Al Quran Surah Al Humazah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Humazah Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Ashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Al Ashr

Al Quran Surah Al Ashr Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Ashr, lengkap dengan terjemahannya.

وَالْعَصْرِ
Wal 'ashr(i)
"Demi masa."
(QS.103:1)


إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
Innaal-insaana lafii khusrin
"Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,"
(QS.103:2)


إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
Ilaal-ladziina aamanuu wa'amiluush-shaalihaati watawaashau bil haqqi watawaashau bish-shabr(i)
"kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, dan nasehat menasehati, supaya mentaati kebenaran, dan nasehat menasehati, supaya menetapi kesabaran."
(QS.103:3)


Video Al Quran Surah Al Ashr

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Ashr Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Ashr oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah Al Ashr, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Ashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Ashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »