Al Quran Surah Al Falaq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Falaq

Al Quran Surah Al Falaq terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Fiil. Nama Al Falaq diambil dari kata Al Falaq yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya waktu subuh. Diriwayatkan oleh Abu Daud, At Tirmizi dan An Nasa-i dari 'Uqbah bin 'Aamir bahwa Rasulullah s.a.w. bersembahyang dengan membaca surat Al Falaq dan surat An Naas dalam perjalanan. Pokok-pokok isi Al Quran Surah Al Falaq adalah Perintah agar kita berlindung kepada Allah s.w.t. dari segala macam kejahatan.

Surat ini dan Surat berikutnya mengajarkan bagaimana manusia harus mohon perlindungan kepada Allah, dan bagaimana cara agar mendapatkan perlindungan itu. Dua Surat ini dikenal dengan nama Mu’awwadzatain (berasal dari kata ‘adza, maknanya berlindung). Oleh karena persoalan ini telah disebutkan dalam Surat-surat Makkiyah, seperti Surat 16 dan 41, maka tidak boleh tidak, dua Surat ini diturunkan di Makkah, dan kemungkinan sekali diturunkan pada zaman Makkah permulaan. Adapun cerita yang dikemukakan oleh sebagian mufassir, bahwa Surat ini diturunkan di Madinah, ini harus ditolak sebagai cerita buatan zaman kemudian. Surat ini dinamakan Al-Falaq atau Dini hari, yang perkataan ini tercantum dalam ayat pertama, untuk menunjukkan bahwa Kebenaran akhirnya akan melenyapkan segala kegelapan.

Al Quran Surah Al Falaq memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk memohon perlindungan kepada Allah s.w.t. dari segala kejahatan.

Hubungan Al Quran Surah Al Falaq dengan Surah An Naas

Al Quran Surah Al Falaq dan Surah An Naas sama-sama mengajarkan kepada manusia, hanya kepada Allah-lah menyerahkan perlindungan diri dari segala kejahatan. Surah Al Falaq memerintahkan untuk memohon perlindungan dari segala bentuk kejahatan, sedang surah An Naas memerintahkan untuk memohon perlindungan dari jin dan manusia. Informasi selengkapnya mengenai Al Quran Surah An Naas silahkan lihat artikel yang telah kami psoting sebelumnya, yang berjudul Al Quran Surah An Naas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah An Naas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Falaq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Al Falaq

Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan Al Quran Surah Al Falaq

Berikut ini kami sajikan al Quran surah  Al Falaq lengkap dengan teks arabic, bacaan dan terjemahannya.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ
Qul a'uudzu birabbil falaq(i)
"Katakanlah: 'Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai subuh,"
(QS.113:1)


مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
Min syarri maa khalaq(a)
"dari kejahatan makhluk-Nya,"
(QS.113:2)


وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
Wamin syarri ghaasiqin idzaa waqab(a)
"dan dari kejahatan malam, apabila telah gelap gulita,"
(QS.113:3)


وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
Wamin syarrin-naffaatsaati fiil 'uqad(i)
"dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir, yang menghembus pada buhul-buhul,"
(QS.113:4) 


وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ
Wamin syarri haasidin idzaa hasad(a) 
"dan dari kejahatan orang yang dengki, apabila ia dengki'."
(QS.113:5) 

Video Al Quran Surah Al Falaq

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Falaq Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran surah Al Falaq oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.



Selain video Al Quran Surah Al Falaq, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Falaq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Falaq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Qur’an Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »