Al Quran Surah Al Ikhlas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video

Al Quran Surah Al Ikhlas

Al Quran Surah Al Ikhlas terdiri atas 4 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah sesudah surat An Naas. Dinamakan Al Ikhlas karena surat ini sepenuhnya menegaskan kemurnian keesaan Allah s.w.t. Pokok-pokok isi Al Quran Surah Al Ikhlas adalah Penegasan tentang kemurnian keesaan Allah s.w.t. dan menolak segala macam kemusyrikan dan menerangkan bahwa tidak ada sesuatu yang menyamai-Nya.

Surah Al-Ikhlas adalah surah ke-112 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 4 ayat dan pokok isinya adalah menegaskan keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya. Kalimat inti dari surah ini, "Allahu ahad, Allahus shamad" (Allah Maha Esa, Allah tempat bergantung), sering muncul dalam uang dinar emas pada zaman Kekhalifahan dahulu. Sehingga, kadang kala kalimat ini dianggap sebagai slogan negara Khilafah Islamiyah, bersama dengan dua kalimat Syahadat.

Sebenarnya, Al Quran Surat Al Ikhlash ini adalah Surat penutup Qur’an Suci. Adapun dua Surat berikutnya hanyalah menerangkan bagaimana orang harus mohon perlindungan kepada Tuhan; dan Surat Al-Ikhlash ini mengemukakan ikhtisar dan intisari ajaran Qur’an, yaitu pernyataan tentang Keesaan Ilahi. Ikhlash artinya membersihkan suatu barang dari kotoran; oleh karena Surat ini membersihkan Keesaan Allah dari segala macam kemusyrikan, maka Surat ini dinamakan dari segala macam kemusyrikan, maka Surat ini dinamakan Al-Ikhlash. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman permulaan.

Al Quran Surah Al Ikhlash ini menegaskan kemurnian keesaan Allah s.w.t.

Hubungan Al Quran Surah Al Ikhlas dengan Surah Al Falaq

Al Quran Surah Al Ikhlash menegaskan kemurnian Allah s.w.t. sedang surah Al Falaq memerintahkan agar semata-mata kepada-Nya-lah orang memohon perlindungan dari segala macam kejahatan.

Surah Al Ikhlas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video
Al Quran Surah Al Ikhlas

Lihat juga artikel kami sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Falaq, yang berjudul Al Quran Surah Al Falaq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Falaq Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Ikhlas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya 

Berikut ini kami sajikan al quran surah al ikhlas lengkap dengan teks arab, bacaan dan terjemahannya.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
Qul huwallahu ahad(un)
"Katakanlah: 'Dialah Allah, Yang Maha Esa'."
(QS.112:1)


اللَّهُ الصَّمَدُ
Allahush-shamad(u)
"Allah adalah Ilah yang bergantung kepada-Nya, segala urusan."
(QS.112:2)


لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
Lam yalid walam yuulad
"Dia tidak beranak, dan tiada pula diperanakkan,"
(QS.112:3)


وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ
Walam yakul(n) lahu kufuwan ahad(un)
"dan tidak ada seorang (sesuatu)pun, yang setara dengan Dia."
(QS.112:4)

Video Al Quran Surah Al Ikhlas

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Ikhlas Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran surah Al Ikhlas oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah Al Ikhlas anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Ikhlas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. 

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Ikhlas Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Qur’an Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »