Al Quran Surah Al Fiil Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Fiil

Al Quran Surah Al Fiil ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Kaafirun. Nama Al Fiil diambil dari kata Al Fiil yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya gajah. Al Quran Surah Al Fiil mengemukakan cerita pasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka'bah di Mekah. Peristiwa ini terjadi pada tahun Nabi Muhammad s.a.w. dilahirkan. Pokok-pokok isi Al Quran Surah Al Fiil adalah cerita tentang pasukan bergajah yang diazab oleh Allah s.w.t. dengan mengirimkan sejenis burung yang menyerang mereka sampai binasa.

Al Quran Surah Al Fiil, Surat ini dinamakan Al-Fiil atau Gajah, karena dalam pasukan yang menyerbu Makkah dengan tujuan untuk menghancurkan Ka’bah, terdapat seekor atau beberapa ekor gajah. Ini terjadi pada tahun kelahiran Nabi Suci. Pasukan ini ditimpa bencana yang meremukkan dan mereka dihancurkan, demikianlah Bencana yang Meremukkan yang disebutkan dalam akhir Surat, menimpa kaum lalim. Surat ini adalah salah satu Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Al Quran Surah Al Fiil ini menjelaskan tentang kegagalan pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abrahah, karena Ka'bah dipelihara oleh Allah s.w.t.

Hubungan Al Quran Surah Al Fiil dengan Surah Quraisy

Dalam Al Quran Surah Al Fiil, Allah s.w.t. menjelaskan kehancuran pasukan bergajah yang hendak merobohkan Ka'bah, sedang dalam surah Quraisy Allah memerintahkan kepada penduduk Mekah untuk menyembah Allah pemilik Ka'bah itu. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Quraisy, yang berjudul Al Quran Surah Quraisy Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Quraisy Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Fiil Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Al Fiil

Al Quran Surah Al Fiil Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Fiil, lengkap dengan terjemahannya.

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ
Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi-ashhaabil fiil(i)
"Apakah kamu tidak memperhatikan, bagaimana Rabb-mu telah bertindak terhadap tentara gajah."
(QS.105:1)


أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ
Alam yaj'al kaidahum fii tadhliil(in)
"Bukankah Dia telah menjadikan tipu-daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia,"
(QS.105:2)


وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ
Wa-arsala 'alaihim thairan abaabiil(a)
"dan Dia mengirimkan kepada mereka burung, yang berbondong-bondong,"
(QS.105:3)


تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ
Tarmiihim bihijaaratim(n) min sijjiil(in)
"yang melempari mereka dengan batu (berasal), dari tanah yang terbakar,"
(QS.105:4)


فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ
Faja'alahum ka'ashfim(n) ma'kuuli(n)
"lalu Dia menjadikan mereka, seperti daun-daun yang dimakan (ulat)."
(QS.105:5)


Video Al Quran Surah Al Fiil

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Fiil Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Fiil oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah Al Fiil, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Fiil Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Fiil Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »