Al Quran Surah An Nashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video

Al Quran Surah An Nashr

Al Quran Surah An Nashr terdiri atas 3 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah yang diturunkan di Mekah sesudah surat At Taubah. Dinamai An Nashr (pertolongan) diambil dari perkataan Nashr yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Pokok-pokok isi al Quran Surah An Nashr adalah Janji bahwa pertolongan Allah akan datang dan Islam akan mendapat kemenangan; perintah dari Tuhan agar bertasbih memuji-Nya, dan minta ampun kepada-Nya di kala terjadi peristiwa yang menggembirakan.

Al Quran Surah An Nashr menerangkan pertolongan Tuhan yang besar (yang ini dijadikan nama Surat ini), dan menerangkan pula kemenangan yang diberikan kepada Nabi Suci sebagai ganjaran atas jerih-payah beliau dalam membela Kebenaran. Menurut I’Ab, ayat ini mengandung arti bahwa Nabi Suci sudah mendekati ajalnya (B. 65: CX, 2). Diriwayatkan, Ibnu Umar menerangkan bahwa Surat ini diturunkan pada waktu Nabi Suci menunaikan ibadah Haji yang terakhir, dan hidup beliau tinggal 82 hari lagi setelah Surat ini diturunkan (AH). Oleh karena itu, walaupun Surat ini diturunkan pada zaman Madinah menjelang akhir hidup Nabi Suci, namun Surat ini diturunkan di Makkah. Sebagai Surat yang diturunkan sekaligus, Surat ini dapat dikatakan Surat terakhir yang diturunkan kepada Nabi Suci; dan diturunkannya Surat ini di Makkah adalah untuk menunjukkan bahwa ramalan-ramalan yang mengagumkan yang diumumkan pada waktu Nabi Suci seorang diri dalam keadaan tak berdaya, kini terpenuhi berupa kunjungan Nabi Suci ke Makkah dengan seluruh Tanah Arab ada di bawah telapak kaki beliau.

Al Quran Surah An Nashr mengisyaratkan bahwa tugas Nabi Muhammad s.a.w. sebagai Rasul telah mendekati akhirnya.

Hubungan Al Quran Surah An Nashr dengan Surah Al Lahab

Al Quran Surah An Nashr menerangkan tentang kemenangan yang diperoleh Nabi Muhammad s.a.w. dan pengikut-pengikutnya, sedangkan surah Al Lahab menerangkan tentang kebinasaan dan siksaan yang akan diderita oleh Abu Lahab dan isterinya sebagai orang-orang yang menentang Nabi. Lihat juga artikel yang telah kami publikasikan sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Lahab, yang berjudul Al Quran Surah Al Lahab Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Lahab Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Surah An Nashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video
Al Quran Surah An Nashr

Al Quran Surah An Nashr Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah An Nashr, lengkap dengan terjemahannya.

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ
Idzaa jaa-a nashrullahi wal fath(u)
"Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,"
(QS.110:1)


وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا
Wara-aitannaasa yadkhuluuna fii diinillahi afwaaja(n)
"dan kamu lihat manusia masuk agama Allah, dengan berbondong-bondong,"
(QS.110:2)


فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا
Fasabbih bihamdi rabbika waastaghfirhu innahu kaana tau-waaba(n)
"maka bertasbihlah dengan memuji Rabb-mu, dan mohonlah ampun kepada-Nya.
Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat."
(QS.110:3)


Video Al Quran Surah An Nashr

Video berikut ini memuat Al Quran Surah An Nashr Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran surah An Nashr oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah An Nashr, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah An Nashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. 

Artikel yang berjudul Al Quran Surah An Nashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Qur’an Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »