Al Quran Surah Al Infithar Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah Al Infithar

Al Quran Surah Al Infithar terdiri atas 19 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah dan diturunkan sesudah surat An Naazi'aat. Al Infithaar yang dijadikan nama untuk surat ini adalah kata asal dari kata Infatharat (terbelah) yang terdapat pada ayat pertama. Pokok-pokok isinya menjelaskan tentang Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari kiamat; peringatan kepada manusia agar tidak terpedaya sehingga durhaka kepada Allah; adanya malaikat yang selalu menjaga dan mencatat segala amal perbuatan manusia; pada hari kiamat manusia tak dapat menolong orang lain; hanya kekuasaan Allah-lah yang berlaku pada waktu itu.

Al Quran Surah Al Infithar. Surat ini mengutuk orang-orang yang mengurangi takaran dan mengurangi timbangan, yang dengan demikian mereka menipu orang lain, atau berbuat curang dalam salah satu kewajiban mereka; oleh sebab itu Surat ini dinamakan At-Thathfîf atau Melalaikan Kewajiban. Di samping itu kita diberitahu bahwa orang-orang yang memenuhi kewajiban akan dinaikkan derajatnya. Surat ini melanjutkan pokok persoalan yang dibicarakan dalam Surat sebelumnya, dan menjelaskan dua sifat catatan, catatan perbuatan orang jahat dan catatan perbuatan orang tulus. Mengapa orang-orang tulus sejahtera? Karena mereka memenuhi kewajiban dan setia kepada tanggung jawab. Mengapa orang-orang berdosa menderita dan binasa? Karena mereka menipu dan merampas hak orang lain, dan tak setia kepada tanggung jawab. Surat ini mengajarkan kejujuran dalam urusan perniagaan dan pergaulan. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Secara ibarat, empat ayat pertama memberitahukan kepada kita bagaimana kebangkitan rohani dilaksanakan. Langit terbelah artinya pintu-pintu langit terbuka dan pertolongan Tuhan diberikan kepada Nabi Suci. Bintang-bintang berserakan artinya tersebarnya para pengemban risalah Kebenaran di mana-mana; mereka bagaikan bintang, sebagaimana sabda Nabi Suci: “Para sahabatku adalah bagaikan bintang” (Msy. 27:13). Ini menunjukkan bahwa akan tiba saatnya tatkala guru-guru yang mengajar Kebenaran akan tersebar di seluruh Tanah Arab, lalu menyebar ke seluruh dunia. Sungai-sungai mengalir dengan deras adalah sesuai dengan apa yang diterangkan di tempat lain dalam Qur’an dalam bentuk tamsil: “Ia menurunkan air dari awan, lalu mengalirkan anak sungai menurut ukurannya .... Demikianlah Allah membuat perumpamaan” (13:17). Sungai ilmu Ilahi mengalir ke tanah-tanah yang kering, baik di dalam maupun di luar Tanah Arab. Kuburan-kuburan dibuka lebar artinya kebangkitan rohani dilaksanakan oleh Nabi Suci; karena Qur’an menerangkan dengan jelas bahwa orang-orang yang rusak moralnya adalah seperti orang mati dalam kuburan (35:22). Jadi, empat ayat tersebut menerangkan perubahan yang dilaksanakan oleh ajaran Nabi Suci. Menurut Farra’, kuburan-kuburan dibuka lebar artinya dikeluarkannya emas dan perak (kekayaan tambang) yang terpendam di bumi; adapun dikeluarkannya orang yang sudah mati akan terjadi sesudah itu, dan salah satu pertanda datangnya Sa’ah ialah bahwa bumi akan mengeluarkan kekayaan tambangnya (LA). Atau, yang dimaksud kuburan dibuka lebar ialah rahasia yang tak nampak oleh mata manusia akan ditampakkan (R). Jika kalimat itu diartikan secara harfiah maka yang dimaksud ialah hari Kebangkitan.

Hubungan Al Quran Surah Al Infithar dengan Surah Al Muthaffifin

Al Quran Surah Al Infithar menggambarkan kejadian-kejadian pada hari kiamat, dan menerangkan keingkaran manusia kepada karunia Allah dan bahwa segala amal perbuatan mereka itu akan mendapat pembalasan. Hubungan Al Quran Surah Al Infithar dengan Surah Al Muthaffifin adalah dalam surat Al Infithaar ini Allah menjelaskan adanya malaikat yang menjaga dan mencata amal perbuatan manusia, lalu pada Surat Al Muthaffifiin dijelaskan lagi tentang buku catatan itu.Selain itu, dalam surat Al Infithaar ini secara singkat diterangkan dua golongan manusia pada hari kiamat yaitu orang-orang yang berbuat kebajikan dan orang-orang yang berbuat kebajikan dan orang-orang yang durhaka. Maka dalam surat Al Muthaffifiin diuraikan lebih luas keadaan dan sifat kedua golongan manusia itu.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Muthaffifin yang berjudul Al Quran Surah Al Muthaffifin Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah Al Muthaffifin Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah Al Infithar Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah Al Infithar

Al Quran Surah Al Infithar Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah Al Infithar, lengkap dengan terjemahannya.



إِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ
Idzaas-samaa-uun fatharat
"Apabila langit terbelah," – (QS.82:1)


وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ
Wa-idzaal kawaakibuun tatsarat
"dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan," – (QS.82:2)


وَإِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْ
Wa-idzaal bihaaru fujjirat
"dan apabila lautan dijadikan meluap," – (QS.82:3)


وَإِذَا الْقُبُورُ بُعْثِرَتْ
Wa-idzaal qubuuru bu' tsirat
"dan apabila kuburan-kuburan dibongkar," – (QS.82:4)


عَلِمَتْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ وَأَخَّرَتْ
'Alimat nafsun maa qaddamat wa-akh-kharat
"maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui, apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikan-nya." – (QS.82:5)


يَا أَيُّهَا الإنْسَانُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ الْكَرِيمِ
Yaa ai-yuhaa-insaanu maa gharraka birabbikal kariim(i)
"Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu, (sehingga berbuat durhaka) terhadap Rabb-mu Yang Maha Pemurah." – (QS.82:6)


الَّذِي خَلَقَكَ فَسَوَّاكَ فَعَدَلَكَ
Al-ladzii khalaqaka fasau-waaka fa'adalak(a)
"Yang telah menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang," – (QS.82:7)


فِي أَيِّ صُورَةٍ مَا شَاءَ رَكَّبَكَ
Fii ai-yi shuuratin maa syaa-a rakkabak(a)
"dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu." – (QS.82:8)


كَلا بَلْ تُكَذِّبُونَ بِالدِّينِ
Kalaa bal tukadz-dzibuuna biddiin(i)
"Bukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan." – (QS.82:9)


وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ
Wa-inna 'alaikum lahaafizhiin(a)
"Padahal sesungguhnya, bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu)," – (QS.82:10)


كِرَامًا كَاتِبِينَ
Kiraaman kaatibiin(a)
"yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu)," – (QS.82:11)


يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ
Ya'lamuuna maa taf'aluun(a)
"mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." – (QS.82:12)


إِنَّ الأبْرَارَ لَفِي نَعِيمٍ
Innal abraara lafii na'iimin
"Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti (kepada Allah), benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan," – (QS.82:13)


وَإِنَّ الْفُجَّارَ لَفِي جَحِيمٍ
Wa-innal fujjaara lafii jahiimin
"dan sesungguhnya, orang-orang yang durhaka, benar-benar berada dalam neraka." – (QS.82:14)


يَصْلَوْنَهَا يَوْمَ الدِّينِ
Yashlaunahaa yaumaddiin(i)
"Mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan." – (QS.82:15)


وَمَا هُمْ عَنْهَا بِغَائِبِينَ
Wamaa hum 'anhaa bighaa-ibiin(a)
"Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka itu." – (QS.82:16)


وَمَا أَدْرَاكَ مَا يَوْمُ الدِّينِ
Wamaa adraaka maa yaumuddiin(i)
"Tahukah kamu apakah hari pembalasan itu?." – (QS.82:17)


ثُمَّ مَا أَدْرَاكَ مَا يَوْمُ الدِّينِ
Tsumma maa adraaka maa yaumuddiin(i)
"Sekali lagi, tahukah apakah hari pembalasan itu?." – (QS.82:18)


يَوْمَ لا تَمْلِكُ نَفْسٌ لِنَفْسٍ شَيْئًا وَالأمْرُ يَوْمَئِذٍ لِلَّهِ
Yauma laa tamliku nafsun linafsin syai-an wal amru yauma-idzil(n)-lillah(i)
"(Yaitu) hari (ketika) seseorang tidak berdaya sedikitpun, untuk menolong orang lain. Dan segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah." – (QS.82:19)


Video Al Quran Surah Al Infithar

Video berikut ini memuat Al Quran Surah Al Infithar Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah Al Infithar oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.



Selain video Al Quran Surah Al Infithar, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah Al Infithar Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah Al Infithar Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »